by Guyup Suroso
![]() |
| Antara Kuningan dan Cirebon |
Merdeka Belajar dibutuhkan di era saat ini, anak-anak tidak lagi harus mengikuti kurikulum yang tersedia, namun bisa menggunakan metode belajar yang paling cocok digunakan, Sebab, dalam "Merdeka Belajar" terdapat kemandirian dan kemerdekaan bagi lingkungan pendidikan untuk menentukan sendiri cara terbaik dalam proses pembelajaran. (Nadim 2020)
A. Temuan
Dalam pemantauan penilik menemukan minimnya Pendidik dan kependidikan yang memiliki akun belajar.id dan minim pula yang telah melakukan login pada Platform Merdeka Mengajar, serta pembelajaran masih cenderung tidak berpusat pada peserta didik, ketersediaan sarana dan prasarana belajar yang belum memadai menyebabkan kurangnya motivasi belajar peserta didik.
Dari hasil diagnosa tersebut penilik mengumpulkan seluruh GTK untuk melakukan asesmen awal serta bersama-sama membuat perencanaan untuk melakukan pembimbingan kepada pendidik dan kependidikan dengan tujuan agar pendidik dan kependidikan dapat memiliki akun belajar.id, sehingga untuk selanjutnya dapat login pada aplikasi Platform Merdeka Mengajar sehingga seluruh GTK yang menjadi binaan dapat melakukan mandiri belajar serta dapat melakukan berbagi praktik baik pada Platform Merdeka Mengajar (PMM)
B. Strategi :
KIBUL merupakan strategi yang digunakan dalam pembimbimbingan untuk mendongkrak kompetensi GTK pada Implementasi Kurikulum Merdeka. KIBUL merupakan akronim dari Kolegial, Individual dan Budaya lokal. Teknik pembimbingan merupakan upaya sinergi antara oprator sekolah, pengurus PC Himpaudi dan forum Pusat Kegiatan Gugus (PKG).
Oprator sekolah, pengurus PC Himpaudi dan Forum PKG membuat kesepakatan untuk secara bersama-sama mendampingi kesulitan GTK memperoleh akun belajar.id dan pengurus PC Himpaudi melakukan pendampingan kepada GTK yang memiliki permasalah bahkan termasuk permasalahan peribadi, sedangkan forum PKG membantu mendampingi dan menyelesaikan permasalahan dalam meningkatkan kompetensi GTK agar proses pembelajaran berpusat pada peserta didik.
Dalam strategi ini pemberdayaan operator sekolah sangat diperlukan sebab operator sekolah merupakan ujung tombak satuan pendidikan yang berhubungan dengan gerbang aplikasi onnline baik itu aplikasi dapodik maupun System Informasi Manajemen, sehingga operator sekolah sangat piawai dalam membantu semua GTK agar memiliki akun belajar.id sekaligus membimbing kolegialnya untuk login pada PMM, dan Pengurus PC Himpaudi merupakan organisasi yang faham betul permasalahan anggotanya baik secara individual maupun kelompok, PC Himpaudi merupakan saluran aspirasi GTK PAUD tingkat kecamatan, sehingga dipandang mampu memecahkan permasalahan anggotanya sekalipun permasalahan pribadi, supaya individu-individu GTK PAUD selaku anggotanya tetap termotivasi dalam melaksanakan tugas-tugas selaku pendidik dan kependidikan, sedangkan fungsi pelibatan PKG adalah bahwa PKG merupakan bengkelnya bagi para guru yang senantiasa siap berbagi meningkatkan kompetensi kepada anggotanya, dalam strategi ini tugas PKG adalah membimbing guru supaya dalam aktivitas pembelajaran berpusat pada peserta didik dan membimbing GTK agar setiap proses pembelajaran seluruh pendidik wajib menggunakan alat peraga atau media pembelajaran, dalam strategi Kibul pembimbingan media belajar adalah pemanfaatan alat peraga barang bekas, sehingga tidak ada alasan bagi pendidik maupun satuan yang tidak memiliki alat peraga.
C. Keunikan
Keunikan strategi ini adalah sebagai berikut, 1) Pembimbingan tidak banyak membutuhkan dana dan tenaga, karena pelaksanaannya terintegrasi dengan program Himpaudi dan PKG di wilayah kecamatan, 2) Lebih mudah dalam menemukan solusi sebab permasalahan yang dihadapi berkaitan dengan peningkatan kompetensi kolega sendiri. 3) Waktu yang dibutuhkan untuk seluruh proses pembimbingan lebih efektif dan efisien, 4) Penilik sebagai pengendali mutu dipermudah dalam melaksanakan tugas karena strategi ini dilaksanakan oleh pendidik terhadap pendidik dan untuk pendidik yang lain.
Kreativitas dan komitmen untuk selalu berinovasi merupakan modal untuk memulihkan kembali keterpurukan pendidikan saat ini dengan membangun dan menggerakkan hati dalam aksi nyata Kepala sekolah dan guru untuk terwujudnya pembelajaran yang berpusat pada anak dan menyenangkan, Pengalaman baik yang merupakan aksi nyata ini, telah dilakukan oleh saya selaku Penilik di kecamatan Grogol Kota Cilegon sebagai pengendali mutu PAUD, dan merupakan karya nyata yang dapat di lakukan oleh teman-teman sejawat.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar